Berita Informasi Secara Berkala PPID

Bersihkan Tawon Ayam Geprek

Madiun – Selasa 03/12/19 Petugas bersihkan sarang tawon di Jalan Salak No. 38 di halaman Rumah Makan Ayam Geprek Juara Kelurahan Taman setelah terima laporan dari pemilik Rumah Makan. Antispasi sengatan dan kekhawatiran karena banyak pengunjung Rumah Makan, Petugas BPBD bergerak malam hari pukul 22.00 wib melaksanakan pembersihan sarang tersebut, ” lebah cenderung pasif dimalam hari, jadi lebih memudahkan petugas mengambil sarang ” imbuh Eko Kristianto Personel BPBD Kota Madiun.

kegiatan pembersihan berlangsung kurang lebih 1 Jam 30 menit, kemudian petugas kembali ke posko BPBD. Tawon dengan nama ilmiah Vespa affinis, atau warga lokal menyebutnya sebagai tawon endas atau tawon ndas

Mungkin namanya terdengar asing, tapi sebenarnya tawon ini bukan jenis baru. Tawon yang aktif sepanjang hari itu bisa ditemukan di banyak tempat. Mulai dari kawasan dan tepian hutan, di tebing-tebing hingga sekitar pemukiman warga yang tingginya kurang dari 500 meter di atas permukaan air laut, atau dataran rendah.

Tawon ndas bisa dengan mudah dikenali berkat ukurannya yang agak besar. Panjang tubuhnya sekitar 3cm, dengan panjang sengat 0,5-1cm. Tubuhnya berwarna hitam dan “gelang” berwarna kuning atau oranye di perut.

Ukuran sarangnya bisa lebih dari 60cm. Biasanya sarang tersebut terdapat di pohon, batu, lemari, dan atap rumah, utamanya tempat kumuh. Karena memiliki zat memikat (feromon), maka jika seekor tawon menyengat, teman-temannya pun ikut serta. Dosis racun kecil jika hanya satu atau dua tawon yang menyengat. Namun bila dalam jumlah banyak, mereka mampu menyebabkan hiperalergi. Belum lagi kemampuan tiap individu tawon yang dapat menyerang berulang kali.

Tawon ndas memangsa larva serangga lain, seperti hama pertanian. Rumah warga juga memberikan perlindungan ekstra bagi tawon terhadap cuaca dan pemangsa, seperti elang madu asia.

Jangan sekali-kali mengganggu sarang tawon, jangan beraktivitas di sekitar sarang tawon, jangan mencoba-coba memusnahkan sendiri tanpa keahlian, berikan tanda peringatan, laporkan kepada petugas, dan segera berobat jika disengat.

BPBD pusdalops
Emergency Fast Respon Call Center : Jl. Soekarno Hatta No. 45, ( 0351 ) - 491991 pusdalops - PB | BPBD Kota Madiun | WA Operator 1 ; 085336862115