Informasi Secara Serta Merta PPID

BPBD Pemprov Jatim Sosialisasi Desa Tangguh Bencana, Siapkan Masyarakat Hadapi Banjir

Madiun-Senin/22/3/2021 Dalam kegiatan Desa Tangguh Bencana(DESTANA) 2021 di Kelurahan Kelun Kota Madiun ini mengambil tema pelatihan Dokumen Rencana Kontijensi Bencana Banjir.Metode Pembelajaran dalam kegiatan ini adalah Focus Group Discusion,Survey  Lapangan,dan Simulasi yang bertujuan untuk Pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat dalam upaya untuk mengurangi ancaman bencana dan kerentanan masyarakat, dan meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan, yang direncanakan dan dilaksanakan oleh masyarakat sebagai pelaku utama.

Kegiatan Focus Group Discusion
Proses Simulasi Kebencanaan Banjir

Dalam Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, masyarakat terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan. Upaya pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana diatur dalam Peraturan kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Selain itu Ketangguhan menghadapi bencana ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana, dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca keadaan darurat.

BPBD pusdalops
Emergency Fast Respon Call Center : Jl. Soekarno Hatta No. 45, ( 0351 ) - 491991 pusdalops - PB | BPBD Kota Madiun | WA Operator 1 ; 085336862115