Informasi Secara Serta Merta PPID

Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Bersama Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Madiun

Madiun – 10/7/2021 Dalam Rangka Pemantapan Anggota Baru Tahun 2021 Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Madiun yang dilaksanakan pada hari Jumat, 09 Juli 2021, BPBD Kota Madiun diberi kehormatan dalam mengisi sosialisasi atau pemberian materi. Dikarenakan Situasi dan kondisi saat ini (Covid-19) pemberian materi dilaksanakan secara daring via zoom yang dihadiri lebih dari 100 peserta. Peran Keluarga Dalam Upaya Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana (Keluarga Tangguh Bencana) merupakan tema materi yang disampaikan oleh pemateri saudara Toni Prastya (Relawan BPBD Kota Madiun).

Penyampaian materi secara daring

Sesuai tema materi yang diberikan Keluarga Tangguh Bencana atau KATANA merupakan bagian dari tangguh bencana, dimana keluarga sebagai focus utama. Katana menjadi masalah utama BNPB dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai bencana dalam struktur oraganisasi lingkup terkecil. Pengetahuan akan kebencanaan sangat dianjurkan dari rumah. Tiga poin utama dalam usulan program Katana menurut humas BNPB adalah  (1) Katana dapat menjadi sokoguru ketangguhan komunitas dan keluarga terhadap risiko bencana ; (2) Katana menggunakan informasi berbasis teknologi; dan (3) Katana harus melibatkan kelompok rentan, anak Рanak, ibu hamil, lansia dan perempuan.

BPBD pusdalops
Emergency Fast Respon Call Center : Jl. Soekarno Hatta No. 45, ( 0351 ) - 491991 pusdalops - PB | BPBD Kota Madiun | WA Operator 1 ; 085336862115