Berita Informasi Secara Serta Merta PPID

Hirup Gas Beracun dalam sumur, si Amak Pingsan

Madiun – Selasa 17/12/19 si Amak ( 41 ) Th bermaksud menguras air sumur milik Suryati di Jl. Maudara No. 11 RT 05 RW 02 Kel. Winongo Kec. Manguharjo. Pukul 11.30 wib dengan segera setelah terdengar pak Amat teriak minta tolong, Sumadiono suami suryati turun ke sumur hendak menolong korban namun sebelum sampai bawah kembali naik keatas karena merasa sesak dan pusing akhirnya minta tolong warga sekitar. Pukul 12.00 wib Polsek Manguharjo menghubungi BPBD Kota Madiun, kemudian petugas bergerak kelokasi kejadian dan melaksanakan evakuasi dibantu Petugas Polsek, Babinsa serta warga sekitar.

Kedalaman sumur 10 m, sirkulasi udara yang kurang baik dan asap mesin alkon/diesel penyedot air didalam sumur menjadi penyebab si Amak pingsan karena terlalu lama menghirup gas CO ( sisa hasil pembakaran mesin ). ” Petugas sempat mengalami kesulitan tiang sumur yang hampir roboh tidak bisa digunakan sebagai tititk tambatan atau penyangga utama tali pengaman, akhirnya digunakan bambu sebagai alternatifnya ” imbuh Sugianto Staf BPBD yang mendampingi petugas dilapangan.

kurang lebih 25 menit proses evakuasi dimulai dari instalasi peralatan yang membutuhkan kreativitas, kecepatan dengan menggunakan peralatan dan situasi dilapangan akhirnya si Amak yang masih dalam kondisi pingsan berhasil dievakuasi dan segera dilarikan ke RSUD Sogaten. Pukul 15.00 wib si Amat sudah siuman dan menjalani perawatan di UGD RS Sogaten sewaktu petugas datang kembali untuk menjenguk. ( pusdalops/RM )

BPBD pusdalops
Emergency Fast Respon Call Center : Jl. Soekarno Hatta No. 45, ( 0351 ) - 491991 pusdalops - PB | BPBD Kota Madiun | WA Operator 1 ; 085336862115