Berita Informasi Secara Serta Merta PPID

Jadi Urusan Bersama Penanggulangan Bencana, Kostrad kunjungi BPBD

Madiun – Kebencanaan merupakan pembahasan yang sangat komprehensif dan multi dimensi. Menyikapi kebencanaan yang frekuensinya terus meningkat setiap tahun, pemikiran terhadap penanggulangan bencana harus dipahami dan diimplementasikan oleh semua pihak. Bencana adalah urusan semua pihak.

Jumat 4/2/22 Jalin Komunikasi dan Koordinasi Bencana, Kostrad Para Raider 501 kunjungi Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana ( Pusdalops – Pb ) BPBD Kota Madiun.

” supaya berjalan sinergi penanggulangan bencana, koordinasi, komunikasi perlu kita jalin supaya kedepan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama ” terang Irawan Anggota Kostrad Para Raider 501

Secara periodik, Indonesia membangun sistem nasional penanggulangan bencana. Sistem nasional ini mencakup beberapa aspek antara lain dari sisi legislasi di mana Pemerintah Indonesia telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Aspek berikutnya adalah kelembagaan yang dapat ditinjau dari sisi formal dan non formal. Secara formal, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merupakan focal point lembaga pemerintah di tingkat pusat. Sementara itu, focal point penanggulangan bencana di tingkat provinsi dan kabupaten/kota adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dari sisi non formal, forum-forum baik di tingkat nasional dan lokal dibentuk untuk memperkuat penyelenggaran penanggulangan bencana di Indonesia.

Dari hasil pengaduan serta kejadian di Wilayah Kota Madiun terpetakan beberapa jenis penangganan yang ditangani BPBD. Peta Kejadian tersusun sesuai jenis kejadian mulai dari Peta Rawan Banjir, Angin Kencang, Pencarian dan Pertolongan, Kebakaran.

” semua bisa diakses melalui kanal media sosial atau website, perihal penanganan kejadian ataupun update kegiatan sehari hari, bulanan bahkan laporan tahunan ” ungkap Ahmadi Pusdalops BPBD

Penanggulangan bencana cepat terlaksana, apabila terjalin koordinasi yang baik antara Instansi dan masyarakat baik pada saat pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencananya imbuhnya. ( ah/pusdalops/ppid )

BPBD pusdalops
Emergency Fast Respon Call Center : Jl. Soekarno Hatta No. 45, ( 0351 ) - 491991 pusdalops - PB | BPBD Kota Madiun | WA Operator 1 ; 085336862115